Friday, January 11, 2013

Program Linier

Program Linier merupakan cabang ilmu matematika yang aplikatif. Dasar-dasar materi program linier berhubungan dengan  sistem pertidaksamaan linier. Untuk itu siswa yang ingin mempelajari Program Linier diharapkan telah mampu menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan linier.
Secara umum, masalah  yang di bicarakan di Program Linier  Sekolah Menengah adalah masalah
mengenai suatu keadaan dimana ada sesuatu yang ditargetkan dan ada kendala-kendala tertentu untuk mencapai  target itu. Dalam hal ini siswa diminta untuk mencari solusi agar dengan kendala-kendala yang ada, target  bisa tercapai.
Program linier sering dijumpai penerapannya dalam bidang ekonomi serta pertahanan keamanan. Misalnya, Pemilik pabrik garmen “Nyaman Dipakai” ingin menghasilkan keuntungan maksimal dari dana dia punyai sebesar Rp 50.000.000,00. Pengusaha tersebut ingin menggunakan modal tersebut untuk memproduksi produk unggulannya yaitu kemeja ”Yang Penting Pantes “ dan celana “Lega” yang sedang laris manis di pasaran. Dari setiap penjualan satu produk kemeja” Yang Penting Pantes” diperoleh keuntungan sebesar Rp 35.000,00 sedangkan setiap satu produk celana “Lega” didapatkan keuntungan sebesar Rp 45.000,00. Untuk memproduksi satu kemeja “Yang Penting Pantes”  harus dikeluarkan dana sebesar Rp 100.000,00. Sedangkan satu celana”Lega” biaya produksinya Rp 150.000,00. Pabrik garmen yang dimiliki pengusaha itu hanya bisa memproduksi 300 kemeja/hari dan 250 celana/hari. Berapa buah kemeja dan celana yang harus diproduksi pabrik itu supaya menghasilkan keuntungan terbanyak?

No comments: